Cara melunaskan hutang dengan istighfar dan amalan lunas hutang 1 hari dan solusi cepat lunas di 2021

Hutang Menggunung, Begini Cara Melunaskan Hutang dengan Mudah

Membiasakan diri untuk berhutang memang bukanlah sebuah hal yang baik karena berpotensi mengacaukan kondisi finansial terutama bila pemasukan tergolong kecil dengan banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun apa daya, terkadang tidak ada pilihan lain selain mengajukan pinjaman apapun jenisnya. Mirisnya, terkadang saking banyaknya kebutuhan mendesak membuat Anda berhutang kesana-sini sehingga tanggungan malah makin menggunung dan tidak bisa diselesaikan dengan mudah. Efeknya? Anda rentan stres dan keuangan makin berantakan. 

Tapi, tenang. Ini berat tapi bukan akhir dari dunia. Ada kok cara melunaskan hutang yang bisa dilakukan untuk meringankan beban Anda. Teori hutang lunas dengan istighfar memang bisa membuat hati lebih tenang, namun hutang hanya akan lunas bila dibayar, kan? Berikut ini adalah beberapa opsi solusi yang bisa diambil saat terlilit hutang.

Cara Melunaskan Hutang #1

Saking banyaknya orang yang merasa putus asa karena buntu mencari jalan keluar untuk melunasi hutang, banyak juga yang mencari amalan lunas hutang 1 hari. Cara ini tidak bisa dikesampingkan karena dalam hidup selalu ada hal-hal di luar nalar yang membantu kita menyelesaikan masalah, yang biasa disebut sebagai keajaiban. Namun demikian, tentunya Anda tidak bisa menggantungkan diri pada hal yang tidak kasat mata seperti ini supaya lunas hutang

Sebagai manusia diharapkan Anda juga melakukan usaha konkret sebagai cara agar hutang cepat lunas, misalnya dengan mengusahakan pemasukan tambahan. Di sela-sela kesibukan atau saat akhir pekan, ada banyak waktu luang yang bisa dijadikan lebih produktif misalnya dengan bekerja paruh waktu, menjadi pekerja lepas di bidang tertentu hingga memiliki usaha bermodal kecil. Berapapun penghasilan tambahan yang didapatkan dari sini setidaknya bisa meringankan beban Anda karena jumlah hutang bisa terpotong dari sana. 

Cara Melunaskan Hutang #2

Selain dengan memiliki pemasukan tambahan, ketika punya banyak hutang Anda juga perlu melakukan refleksi diri. Jangan menganggap kegiatan merenung sebagai hal yang buang-buang waktu karena dari sini Anda jadi bisa mengetahui hal apa saja yang membuat kondisi keuangan menjadi seperti ini. Saat kesadaran akan tindak tanduk di masa lalu muncul, Anda diharapkan bisa memerbaiki diri dengan cara misalnya mengencangkan ikat pinggang, hidup lebih hemat dan bahkan lebih banyak beramal di masa sempit mengingat janji Tuhan bahwa amal yang diberikan akan kembali ke diri sendiri. 

Perenungan ini juga menjadi momen sempurna untuk memikirkan solusi lunas hutang yang paling efektif berdasarkan kondisi yang sedang dialami sehingga jalan keluar tersebut bukan karena ikut-ikutan namun setelah dipikirkan secara matang.

Cara Melunaskan Hutang #3

Tahukah Anda apa yang membuat hutang semakin menggunung? Menumpuk hutang satu dengan yang lain. Agar hutang cepat lunas, sangat disarankan bagi Anda untuk mengendalikan diri dan tidak mengajukan hutang yang lain sampai tanggungan yang sebelumnya selesai. Dengan menyelesaikan hutang satu demi satu masalah tidak akan menumpuk dan bikin sakit kepala. 

Hutang yang tidak bertubi-tubi ini juga memudahkan Anda dalam melunasinya tanpa harus mengorbankan keuangan keluarga yang seharusnya dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika sudah terlanjur memiliki satu hutang, maka berhentilah di sana. Kendati saat ini belum menemukan solusi hutang lunas yang ampuh setidaknya Anda tidak menambahkan beban baru yang semakin menyulitkan hidup.

Cara Melunaskan Hutang #4

Cara selanjutnya yang bisa dicoba untuk melunaskan hutang adalah dengan menjual aset yang dimiliki secara cermat dan bijak. Cermat dan bijak di sini artinya Anda memertimbangkan plus minusnya sebelum menjual aset tersebut. Misalnya saja Anda punya tabungan emas perhiasan di rumah yang bisa dipakai untuk membayar hutang. 

Sebelum menjualnya, coba lihat harga di pasaran. Jika kebetulan harga emas sedang berada di dasar ada baiknya untuk sedikit menunda penjualan supaya Anda tidak rugi. Hal terakhir yang Anda harapkan terjadi ketika diburu hutang adalah merugi dalam perdagangan seperti ini. Sudah kehilangan aset berharga, uang yang didapat juga tidak seberapa. Sedih, kan?

Semoga di tahun 2021 ini Anda bisa terbebas dari segala hutang yang membelit dan berhasil memerbaiki keuangan keluarga supaya bisa hidup lebih tenang dan nyaman.