Cara memulai bisnis online dari nol untuk pemula dengan bisnis online shop baju di 2021

Pebisnis Baru, Ini Cara Memulai Bisnis Online yang Minim Modal

Memiliki bisnis sendiri memberikan tantangan tersendiri seperti harus berpikir kreatif, menanggung semua konsekuensi bisnis sendiri hingga menyediakan modal dari tabungan pribadi. Namun di sisi lain menjalani usaha ini juga memberikan keuntungan yang tidak ditemukan di tempat lain, termasuk kebebasan berekspresi, bereksperimen dan mengatur waktu untuk apapun sehingga bisa disesuaikan dengan pekerjaan atau kegiatan yang lain. 

Salah satu usaha yang bisa dicoba adalah jualan online. Cara memulai bisnis online untuk pemula sebenarnya tidak susah selama sejak awal Anda sudah mengembangkan mental saudagar yang tidak mudah menyerah atau putus asa. Selebihnya, masalah modal, pasar ataupun tren di masyarakat bisa menyesuaikan dengan fleksibel. Cara memulai bisnis online dari nol bisa dimulai dari menentukan jenis komoditas yang diperdagangkan serta sasaran pasarnya. Dua hal ini tidak dapat dipisahkan mengingat laku tidaknya suatu barang biasanya tergantung dari minat masyarakat terhadap suatu produk. Setelah itu, barulah Anda bisa melanjutkan tahapan bisnis online untuk pemula berikut ini:

Cara Memulai Bisnis Online Pertama Memilih Supplier Barang untuk Bisnis Online

Keberadaan supplier atau distributor komoditas bisnis online yang dipilih memiliki peran yang sangat besar ketika memulai bisnis online. Distributor yang bagus bukan hanya menyediakan produk berkualitas dan terjamin mutunya, namun juga menjanjikan ketepatan waktu bahkan pembagian keuntungan yang memuaskan kedua belah pihak. 

Itulah sebabnya memilih distributor menjadi tahapan cara bisnis online pemula yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Ketika mulai merencanakan usaha mandiri ini luangkan waktu berburu distributor dengan karakteristik tersebut. Tahap ini bisa dilewati jika bisnis yang dijalani lebih pada self-skill yang tidak membutuhkan supply barang, misalnya untuk usaha makanan atau sektor jasa.

Cara Memulai Bisnis Online Kedua Memilih Partner Online yang Menguntungkan

Ada banyak cara memulai bisnis online shop baju, salah satunya dengan bermitra dengan marketplace yang Sudah banyak dikenal masyarakat luas. Keuntungan paling jelas dari menjalin kemitraan ini adalah kemungkinan produk laku lebih besar karena calon pembeli banyak yang mengunjungi laman online shop tersebut. Di samping popularitas, mitra online ini biasanya memiliki strategi tersendiri supaya semua vendor yang bekerja sama bisa diiklankan dengan menarik, baik dengan pemberian voucher atau cara lain sehingga Anda lebih terbantu dalam proses pemasarannya. 

Mitra online juga menjanjikan pembagian keuntungan yang lebih fair dimana Anda sebagai penjual tetap mendapatkan porsi yang lebih besar. Terakhir, seiring dengan semakin ramainya armada pengiriman partner online biasanya sudah menyiapkan sistem shipping-nya sendiri jadi tidak perlu bingung bagaimana cara mengirimkan produk ketika ada pesanan.

Cara Memulai Bisnis Online Ketiga Memasarkan Produk Lewat Sosial Media dan Media Online

Bisnis online pemula biasanya menghadapi tantangan pada pemasaran dan iklan, bagaimana caranya supaya orang tahu bahwa Anda menjual produk tertentu. Walaupun mungkin bukan pribadi yang kreatif, jangan patah semangat. Kemajuan zaman membuat Anda bisa mengambil keuntungan dari sosial media yang dimiliki dimana Instagram atau Whatsapp juga dapat dimanfaatkan sebagai media iklan yang efektif untuk memerkenalkan produk ke calon pelanggan. Tidak perlu berjalan dari rumah ke rumah atau menyewa jasa pengiklan sebab Anda bisa melakukannya sendiri dengan sangat mudah.

Cara Memulai Bisnis Online Keempat Menjadi “Sahabat” Bagi Para Calon Pembeli

Cara berbisnis online bagi pemula yang terakhir adalah dengan mengambil hati para calon pelanggan. Caranya adalah dengan menjadi sahabat mereka dimana Anda mau menjawab setiap pertanyaan yang diajukan terkait produk dengan ramah. Jawaban yang diberikan juga tidak memaksa mereka untuk membeli namun lebih bersifat informatif. 

Dengan begini, pembeli merasa mendapatkan sesuatu dan bilan tidak sekarang, nanti juga mereka akan kembali sebab tidak banyak juga penjual yang ramah pada pelanggan. Keramahan penjual ini menjadikan pelanggan nyaman dan bersikap terbuka pada produk apapun yang ditawarkan sehingga lambat laun untung akan datang bahkan tanpa diundang.

Menjadi pemuda dan pebisnis pemula yang kreatif adalah sebuah keharusan di tahun 2021 ini. Selain dengan alasan pandemi, memulai bisnis online juga menjadi kegiatan menyenangkan untuk membuat waktu luang lebih berarti dan produktif.