Cara mengetahui bank dari nomor rekening atau cabang bank dan alamat pemilik rekening serta no kartu atm bca dan bri 16 digit di 2021

Dua Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening yang Mudah dan Tidak Perlu ke Bank

Anda membutuhkan cara mengetahui bank dari nomor rekening kebanyakan saat kirim uang. Kebutuhan akan kirim atau transfer uang tak selalu didukung keterangan lengkap asal bank. Hanya mendapatkan nomor rekening nya saja, tanpa ada keterangan dari bank mana, akan membuat Anda membutuhkan info ini.

Yang mana padahal pada banyak kesempatan mengetahui bank tujuan transfer cukup penting. Salah satunya adalah untuk mengetahui apakah Anda harus bayar biaya administrasi atau biaya tambahan atau tidak ketika transfer.

Seperti yang telah kita ketahui, ketika dilakukan transfer antar bank, akan ada biaya tambahan atau charge yang dibebankan. Bisa itu sebesar Rp6 ribu, Rp7 ribu, atau nominal lainnya tergantung peraturan bank.

Untuk mengetahui cara mengetahui cabang bank dari no rekening, Anda akan memerlukan buku tabungan pemiliknya. Pinjam buku tabungan seseorang yang ingin Anda ketahui, dan buka lembaran di balik cover nya. Di sana akan ada keterangan di mana tabungan itu dibuka, siapa pemiliknya, nomor rekeningnya, dan tentu saja bank asalnya.

Sebenarnya ada banyak cara mengetahui alamat pemilik rekening. Ada yang melalui kode ketika kirim uang, ada dari jumlah digitnya, dan beberapa cara lainnya.

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening dari Kode

Juga bisa digunakan untuk cara mengetahui cabang Bank BNI dari nomor rekening. Karena mungkin saja Anda adalah pemilik rekening Bank BNI namun lupa di mana dulu membukanya. Berikut adalah cara cek asal bank dari kodenya.

  1. Mengawalinya Seperti Melakukan Transfer

Bisa dilakukan melalui mesin ATM dan aplikasi banking. Lakukan seperti Anda mau mentransfer uang.

  1. Buka Daftar Kode Bank

Sesaat sebelum transfer Anda akan diberi opsi untuk cek kode bank, buka opsi tersebut.

  1. Satukan dengan Rekening yang Ingin Diketahui

Kini Anda sudah mengetahui kode-kodenya. Beberapa diantaranya adalah Bank BRI dengan kode 002 dan Bank BCA dengan kode 004.

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening Berdasarkan Jumlah Digit

Cara yang kedua adalah dengan mengetahui digit-digit angka yang biasa digunakan bank sumbernya. Ada pola yang bisa di cek, tidak perlu dihafalkan namun bisa di cek jumlah angka dalam nomor rekening sehingga diketahui dari bank mana asalnya.

  1. Nomor Rekening dengan 10 Digit

Bisa dikatakan jumlah angka ini menjadi yang paling banyak digunakan untuk jumlah digit nomor rekening. Beberapa bank dengan jumlah digit ini adalah Bank Danamon Syariah, Bank Danamon, Sinarmas Syariah, Maybank, Bank Muamalat, Bank BTN Syariah, Bank BNI, Bank BCA, Bank Mandiri Syariah, dan BRI Syariah.

  1. Nomor Rekening dengan 13 Digit

Dua bank yang menghadirkan rekening dengan 13 digit angka adalah Bank CIMB Syariah dan Bank Mandiri.

  1. Nomor Rekening dengan 14 Digit

Satu-satunya bank yang rekening nya berjumlah 14 digit angka adalah Bank CIMB Niaga.

  1. Nomor Rekening dengan 16 Digit

Berikutnya adalah cara mengetahui no kartu ATM BRI 16 digit. Bank BRI memang memiliki nomor rekening dengan 16 angka, begitu juga dengan cara mengetahui no kartu ATM BCA 16 digit.

Lebih lengkapnya, semua bank yang memiliki rekening dengan 16 digit adalah Bank BRI, BCA, dan Bank BTN.

Pilihan cara mengetahui nomor rekening orang lain adalah dengan mengecek buku tabungan. Jika benar tidak memungkinkan untuk mencari tahu langsung dari pemiliknya, bisa di cek dengan lita buku tabungannya.

Jika sebelumnya Anda pernah transfer ke rekening orang itu, maka bisa dilihat di history, mutasi, atau buku rekening Anda sendiri. Sebab di sana akan ada keterangan kemana saja Anda pernah melakukan kirim uang.

Sedangkan jika Anda membutuhkan cara melacak penipu melalui nomor rekening, Anda akan membutuhkan platform. Nama platform nya adalah Cekrekening.id. Buka website tersebut dan masukan nomor rekening yang Anda ingin ketahui. Setelah memasukan nomor rekening, di sana akan ada keterangan apakah sempat ada masalah dari nomor rekening tersebut.

Dengan platform ini pula, Anda bisa mengetahui nama pemilik rekening. Dengan demikian bisa dilakukan cross check apakah seseorang yang memberikan nomor rekening itu adalah orang yang sama dengan pemilik rekening atau tidak.